Resep Canai a.k.a Roti Maryam By Devs_R

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Canai a.k.a Roti Maryam By Devs_R
  • Resep Canai a.k.a Roti Maryam oleh Devs_R

    Inilah cara membuat Canai a.k.a Roti Maryam. Resep Canai a.k.a Roti Maryam yang dibuat oleh Devs_R cukup untuk 15 buah.



    gambar untuk resep Canai a.k.a Roti Maryam


    Resep Canai a.k.a Roti Maryam


    Porsi: 15 buah

    Bahan-bahan

    1. Bahan roti :
    2. 150 gr tepung terigu
    3. 100 gr mentega cair
    4. 1 butir telur
    5. 1/2 sdt garam
    6. secukupnya Air hangat
    7. Minyak untuk merendam
    8. Bahan isi :
    9. 50 gr mentega
    10. 3 sdm gula pasir
    11. 3 sdm bubuk coklat
    12. 5 sdm air

    Langkah

    1 jam
    1. Siapkan wadah adonan. Masukkan tepung terigu, garam, mentega cair, telur, aduk sampai rata, kemudian tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni adonannya sampai kalis lentur dan tidak lengket. Setelah adonan kalis, bagi adonan jadi beberapa bagian, kemudian bulatkan seluruh bagian dan rendam dalam minyak sekitar 15 menit.

      Tambah foto

      Tambah foto

      Tambah foto

    2. Sembari menunggu adonan diremdam, siapkan pan kecil lalu panaskan mentega hingga cair, kemudian masukkan bubuk coklat lalu aduk sampai rata dan tidak menggumpal, masukkan gula pasir dan tambahkan air lalu masak sampai gula larut, matikan api dinginkan.

      Tambah foto

      Tambah foto

      Tambah foto

    3. Tiriskan adonan yg telah direndam minyak. Ambil satu bagian kemudian pipihkan dengan tangan atau penggilas adonan hingga benar2 tipis (fingsinya semakin banyak gulungan akan menghasilkan semakin banyak layer yg membuat canai terasa empuk), setelah adonan cukup tipis berikan vla coklat di ujung adonan yg telah menyerupai kulit yg tipis secukupnya dan jangan terlalu banyak karena akan membuat adonan belepotan (seperti mengisi risoles yaa)

      Tambah foto

      Tambah foto

      Tambah foto

    4. Kemudian gulung adonan tanpa dilipat sehingga bentuknya memanjang dan tempatkan secara horizontal, tarik sisi kanan adonan dan gulung ke arah atas dampai setengah bagian, tarik sisi kiri adonan gulung ke arah bawah sampai adonan berbentuk S, kemudian tumpuk gulungan atas dan bawah hingga menyerupai 2 tumpuk lingkaran, pipihkan perlahan hingga ketebalan sekitar 0,5 cm. Lakukan tehnik yg sama sampai adonan habis.

      Tambah foto

      Tambah foto

      Tambah foto

    5. Siapkan teflon ukuran sedang, panaskan dengan api kecil. Setelah teflon panas panggang satu per satu canai dan tutup teflon saat memanggang agar panasnya merata dan matangnya sempurna sambil sesekali dicek agar tidak hangus, jangan lupa dibalik yaa jadi kedua sisi matang sempurna. Oh iya untuk pemanggangan sudah tidak perlu olesan margarin atau minyak yaa karena hasilnya nanti akan lebih berminyak kan tadi adonannya sudah direndam dalam minyak.

      Tambah foto

      Tambah foto

      Tambah foto

    6. Taraaaaaa...... Canai rasa coklat sudah matang dan siap santap

      Ganti

      Tambah foto

      Tambah foto

    7. Notes : 1. Canai original kan cenderung gurih dan bisa dijadikan penggati nasi yg bisa dimakan dengan kari, rendang, dan opor juga, jadi gak melulu sama yg manis-manis seperti coklat, selai kacang atau buah, bahkan dengan enten(parutan kelapa dipadu dengan gula merah).

      Tambah foto

      Tambah foto

      Tambah foto

    8. 2. Canai juga bisa disimpen loh ^^ caranya dipanggang setengah matang dari adonan yg berwarna mengkilat cukup sampai warnanya jadi putih keruh jangan sampai ada bintik kehitaman yaa, soalnya kalo mau dimakan harus dipanggang lagi kan. Setelah canai setengah matang lalu angkat dan biarkan sampai dingin, letakkan pada wadah kedap udara dan air, masukkan di frezer deh, bisa tahan sampai 2 minggu lho. Baiknya kalo mau disimpan canai yg original aja yaa.

      Tambah foto

      Tambah foto

      Tambah foto

    9. Happy cooking dan selamat mencoba. See you!

      Tambah foto

      Tambah foto

      Tambah foto

    Tambah langkah


    Itulah Resep Canai a.k.a Roti Maryam, Semoga saja berguna untuk anda.Untuk mencari berbagai resep makanan dan minuman lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki lebih dari satu juta resep yang pastinya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Canai a.k.a Roti Maryam diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Canai a.k.a Roti Maryam By Devs_R diatas pada kategori resep berikut ini
       

    Anda sedang membaca Resep Canai a.k.a Roti Maryam By Devs_R dengan alamat Url: https://alifbahana-4u.blogspot.com/2019/09/resep-canai-aka-roti-maryam-by-devsr.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.

    ==[Close X]==